RUMUSAN HASIL DISKUSI MASYARAKAT PADA LOKAKARYA DI SUKARAMI

Apa alasan utama masyarakat Solok membutuhkan akses layanan jasa keuangan?

  1. Masyarakat Solok ingin lebih meningkatkan ekonomi dan taraf hidupnya
  2. Mengembangkan potensi yang ada, termasuk sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan
  3. Menciptakan lapangan kerja sehingga mengurangi pengangguran
  4. Mengembangkan usaha dan memperkuat permodalan: perkebunan teh organik, holtikultura, perdagangan, peternakan, perikanan, industri rumah tangga, dll.
  5. Tidak adanya organisasi yang memberi pelayanan jasa keuangan (simpan pinjam)
  6. Meningkatkan rasa keakraban/kekeluargaan antara sesama masyarakat dan terciptanya suasana yang harmonis

Apakah permasalahan mendasar yang dihadapi?

  1. Kurangnya kepercayaan perbankan terhadap masyarakat Solok yang mayoritas Petani
  2. Lembaga keuangan yang ada (SPP, LKMA) belum mampu memenuhi kebutuhan permodalan untuk masyarakat
  3. Petani kesulitan untuk akses ke perbankan
  4. Birokrasi perbankan yang terlalu rumit dan panjang
  5. Tidak memiliki jaminan atau agunan yang dimiliki petani terbatas
  6. Jarak petani dengan Lembaga Keuangan terlalu jauh
  7. Kurangnya pemahaman petani tentang layanan jasa keuangan

Lembaga yang bagaimana yang mampu memenuhi harapan masyarakat?

  1. Lembaga yang lokasinya mudah terjangkau oleh masyarakat petani
  2. Lembaga yang pro petani (mengerti kebutuhan petani)
  3. Lembaga yang dibangun dan dikelola dari, oleh dan untuk petani/masyarakat
  4. Lembaga yang memberikan pendidikan pada petani/anggota
  5. Lembaga yang mampu memberdayakan masyarakat
  6. Lembaga yang mudah memberikan pinjaman modal usaha kepada masyarakat dengan suku bunga yang layak, dengan proses yang tidak berbelit-belit
  7. Lembaga yang memiliki pengurus yang jujur, amanah dan transparan
  8. Lembaga yang dimaksud adalah Koperasi